Gaya Hidup Hijau dan Prinsip 5 R

Lingkungan dengan go green concept atau green community concept merupakan penerapan 3 R, yaitu Reduce (mengurangi), Recycle (mendaur-ulang) dan Reuse (menggunakan kembali). Konsep ini telah banyak dibahas dan bahkan memiliki simbol resmi yaitu tiga anak panah yang saling membentuk segitiga, sebagai lambang keberlanjutan proses penggunaan suatu barang. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih maksimal, anda sebaiknya mencoba untuk tidak hanya menerapkan konsep 3 R, tetapi juga 5 R.

 

Berikut adalah rincian prinsip 5 R untuk mendukung gaya hidup cinta lingkungan dengan go green concept:
  • Reduce, yaitu mengurangi pemakaian benda-benda yang berpotensi meninggalkan sampah. Anda bisa menerapkannya dengan membeli produk isi ulang untuk sabun mandi cair, sabun cuci, pengharum pakaian dan sebagainya agar tidak menimbulkan timbunan botol di tempat sampah yang memakan lebih banyak tempat. Hal ini juga dapat diterapkan pada pengurangan pemakaian energi seperti listrik dengan cara menghemat pemakaian barang elektronik.
  • Recycle, yaitu mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna. Contohnya bisa dilihat pada para pengrajin dan pengusaha yang berhasil membuat berbagai produk dari sampah dan barang bekas, atau mereka yang membuat pupuk kompos dari sampah dapur.
  • Reuse, yaitu menggunakan kembali benda-benda yang masih dapat dimanfaatkan. Contohnya, pakaian bekas dapat digunting-gunting menjadi kain perca untuk bahan membuat kerajinan. Anda bisa juga memanfaatkan benda-benda seperti toples bekas selai dan kotak plastik kemasan makanan sebagai wadah penyimpan barang-barang kecil.
  • Repair, yaitu memperbaiki barang-barang yang rusak atau mengalami cacat agar masih bisa dipakai lebih lama. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan prinsip penghematan, namun juga dapat mengurangi jumlah benda yang menjadi sampah karena dibuang sehingga lebih menekankan prinsip lingkungan dengan go green concept.
  • Replace, yaitu mengganti barang-barang tertentu agar lebih ramah lingkungan dalam pemakaian sehari-hari. Misalnya, anda bisa mengganti kantung plastik dengan tas kain atau anyaman untuk berbelanja di pasar, atau mengganti produk sabun anda dengan yang memiliki kemasan isi ulang atau kemasan daur ulang
109785
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semuanya
28
47
75
104365
3156
7950
109785

IP Anda: 54.196.86.89
Waktu di Server: 2018-05-28 08:00:31
Copyright © 2018 SMP Negeri 1 Talang. All Right Reserved.